Oleh: i1samayoga | 30 Desember 2008

Tak ada agama yang lebih baik atau lebih salah satu dari yang lain,yang terpenting jadilah kamu penganutnya yang baik,tanpa mendeskriditkan yang lain

Jika kamu bisa memilih untuk dilahirkan seperti apa,saya yakin 99,9999…9% orang akan memilih dilahirkan di keluarga terhormat, kaya raya, punya kekuasaan dan pengaruh, punya banyak teman, uang, serta wajah yang rupawan. Tidak ada yang salah karena itulah sebuah keinginan yang alami ada pada manusia yang sudah di bawa sejak lahir. Namun ada satu sumber kekuatan yang maha dahsyat yang tak terkalahkan yang mengendalikan semua nya yaitu Tuhan (GOD), Tuhan lah yang memilihkan kita tempat dimana kita dilahirkan, sebagai apa kamu dilahirkan, dari rahim wanita mana kamu akan keluar dan siapa ayahmu, apa status sosialmu, apa sukumu dan yang terakhir adalah masalah agama yang santetap hormati yang lain, keep our nation unitygat kontroversi..Agama sebenarnya bisa saja dianggap sebagai suatu budaya…namun di lain pihak terlepas dari agama apapun essensi yang mutlak sama pada setiap agama adalah bahwa setiap agama pasti mengakui adanya satu kekuatan yang menyebabkan kita ada yaitu Tuhan. Agama memiliki aturan yang mengikat ketat para pemeluknya dan memiliki ajaran-ajaran tertentu yang memiliki makna yang sama namun dijabarkan pada sisi dan lapang pandang yang berbeda-beda .Kita ambil contoh di Indonesia saja yang penduduknya terdiri dari 5 agama, Islam, kristen, katholik, hindu dan budha, hampir 90 % penduduk memeluk agama Islam.

jika semua agama bersifat fanatik secara otomatis akan ada tabrakan dari setiap pemeluk antarumat beragama yang berakibat terjadi kekacauan bahkan bisa saling membunuh. misalkan suatu agama ada yang menganggap bahwa penganut agama lain sebagai seseorang yang kafir yang patut dimusnahkan,yang pasti masuk neraka,dll.apakah ini suatu ajaran agama yang baik..apakah itu bukan kembarannya adolf HITLER.

terserah anda menilai seperti apa..tapi yang saya kira adalah bahwa ajaran agama apapun tidak ada yang salah..yang mungkin terjadi adalah manusia salah menafsirkannya karena tidak ada manusia yang sempurna sekalipun Nabi,yang ada hanya manusia yang lebih sempurna dari manusia lainnya, kembali lagi ke hal tadi.jangan sekali sekali menganggap bahwa penganut agama lain adalah kafir, kalau kamu tidak bisa sebaiknya Hengkang dari Indonesia,karena jika orang orang yang beranggapan sepertimu ada sejak jaman dulu dulu niscaya Tuhan tidak akan memberi berkat negara ini berupa kemerdekaan sebagai hadiah kepada Indonesia yang telah bisa menjalin persatuan dan kesatuan antar penduduknya. saya selalu berpikir untuk tidak menyalahkan orang lain atau berkomentar jelek untuk orang lain,karena kamu tidak bisa hidup memilih peran sebagai dua orang, kamu tidak pernah menjalani hidup sebagai saya dan saya tidak akan pernah hidup menjadi kamu ,jadi satu orang tidak bisa berada didua tempat dalam satu waktu. jadi kamu tidak tahu bagaimana ajaran Hindu yang sesungguhnya karena kamu tidak pernah menjadi Hindu, dan saya juga tidak tahu ajaran Kristen seperti apa karena saya tidak pernah menjadi kristen. kamu dilahirkan tidak bisa memilih dan rata2 rata kamu lahir dan besar mengikuti orang tuamu…jadi lahir ditentukan oleh Tuhan,berarti jika kamu menganggap suatu agama lebih dari yang lain berarti kamu menyalahkan TUHAN yang telah menempatkanmu yang kamu anggap sebagai tempat yang lebih atau yang kurang dari yang lain. Ada contoh lain misal seperti ini,saya beragama Hindu dan ada teman saya yang beragama islam ,dia memberi salam seperti ini,mungkin tanpa sengaja (pengalaman pribadi), karena dia jadi gak enak,dikira saya tersinggung. “assalam mualaikum,…..,saya jawab walaikum salam, padahal dulu saya ada teman saya yang beragam sam adengan teman saya ini menjawab salam dari agama lain saja tidakk mau.,kenapa saya mau menjawab salam,karena 1. Sebagai bentuk budaya yang menghargai orang lain,bayangkan apa kamu tidak menyakiti orang lain jika kamu cuekin 2. Kenapa saya tidak boleh menjawab salam dengan bahsa agama lain…? kan gak ada yang salah..misal kamu ama temen bule kamu kamu di salami GOOD morning fren,…kamu orang indonesia,,,apa kamu jawab dia pagi juga teman,pasti kamu juga bakal jawab good morning,karena salam ini adalah sebuah bahasa jadi gak ada yang salah.seandainyapun itu sebuah doa,toh Tuhan mengerti bahasa apapun.apakan Tuhan tertentu Tidak bisa bahasa tertentu.misal suatuu agama yang doanya meneggunakan bahsa sansekerta apakah Tuhannya tidak mengerti bahasa ARAb,tentu saja Tuhan mengerti semua bahasa. Semoga bisa menjadi renungan agar bisa terjalin PERSATUAN DAN KESATUAN YANG KOKOH DI INDONESIA


Responses

  1. wah, ini mudah2an menjadi blog yang paling diurus dari blog2 sebelumnya..

  2. Yan,,artikelnya bagus..Dapat ide darimana seh?? Btw,,klo da waktu ajarin aku cara buat blog ya..Aku jadi tertarik pingin punya blok sendiri he1000x..


Tinggalkan Balasan

Kategori

